Air Terjun Kedung Pedut, Keindahan Air Terjun Dua Warna

Hai sahabat semua, Yogyakarta memang saat ini sedang ngetrend wisata alamnya lho. Jika sebelumnya ada tulisan mengenai bukit Mojo Gumelem yang sangat asyik untuk berswafoto. Kali ini akan dibahas yang seger-seger, yaitu seputar air terjun di Jogja. Penasaran nggak? Silahkan lanjutkan sendiri di bawah ini ya.

Kulon Progo adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten yang beribukota di Wates ini memiliki beragam tempat wisata alam yang menarik, salah satunya adalah Air Terjun Kedung Pedut. Obyek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan pemandangan alam serta sejuknya udara di Kulon Progo. Nama Kedung Pedut sendiri berasal dari dua kata dalam Bahasa Jawa, curug yang berarti kolam dan pedut yang berarti kabut.

Lokasi Dan Rute

Air Terjun Kedung Pedut berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Walaupun tempat wisata ini dibuka pada tahun 2015, akan tetapi masih banyak wisatawan yang belum tahu. Untuk menuju ke tempat wisata ini, Anda bisa menuju ke arah barat menuju Pasar Godean melewati Jalan Godean. Setelah melewati Pasar Godean, Anda menuju ke Jembatan Sungai Progo untuk selanjutnya menuju Perempatan Bangjo Nanggulan.

Berikutnya Anda bisa menuju ke Pasar Kenteng dan melanjutkan ke Tanjakan Pegunungan Menoreh. Saat Anda menemukan pertigaan, ambil arah kanan untuk menuju Goa Kiskendo dan selanjutnya Anda akan menemukan pertigaan berikutnya. Dari pertigaan tersebut, Anda ambil arah kiri untuk menuju ke Grojogan Mudal.

Selanjutnya ambil arah kiri untuk menuju Air Terjun Kembang Soka dan kemudian Anda akan menemukan pertigaan. Lalu ambil kiri dan Anda sudah sampai di Air Terjun Kedung Pedut. Jika masih bingung, Anda bisa mengggunakan GPS untuk menuju kesana.

Keindahan air terjun Kedung Pedut, sumber ig @_jalanjalanid

Hal Yang Menarik

Ketika Anda berwisata ke Air Terjun Kedung Pedut, Anda akan menikmati keindahan air terjun dengan dua warna berbeda. Yaitu warna bening dan biru tosca. Anda juga bisa menikmati pemandangan alam dari menara pandang yang sudah tersedia. Wisatawan juga bisa berenang di sekitar curug. Rasanya tidak lengkap jika berlibur ke air terjun tapi tidak berenang.

Bagi Anda yang tidak bisa berenang, jangan khawatir. Anda tetap bisa menikmati Air Terjun Kedung Pedut ini dengan bermain-main air. Selain itu, bermain-main air juga sangat cocok bagi Anda yang membawa anak Anda untuk berlibur ke tempat ini. Di sekitaran Air Terjun Kedung Pedut, terdapat banyak sekali warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Maka dari itu, Anda bisa mencoba nikmatnya kuliner setelah lelah bermain di curug kedung pedut.

Saran Tambahan

Untuk Anda yang ingin berwisata ke Air Terjun Kedung Pedut, sebaiknya siapkan baju ganti jika Anda ingin bermain air ataupun berenang. Selain itu, siapkan juga obat-obatan lainnya jika Anda menderita penyakit tertentu. Pastikan juga Anda memiliki kondisi yang sehat sebelum berwisata ke Air Terjun Kedung Pedut.

Nah, itulah informasi seputar air terjun kedung pedut yang bisa anda ketahui. Anda bisa pergi ke tempat ini untuk menikmati keindahan alam dan keseruan dari tempat ini. Untuk biaya masuknya cukup murah, karena biaya tiket masuk ke Air Terjun Kedung Pedut yaitu sekitar Rp. 3.000. Dikenakan juga biaya tiket parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Nah, semoga sudah cukup memberikan rasa penasaran pada sahabat semua. Jangan khawatir dan gundah jika belum bisa pergi kesana. Suatu saat semoga bisa berwisata ke air terjun Kedung Pedut saat ke Jogja. Semoga bermanfaat untuk civitas akademika UGM dan yang lain juga yah. 🙂