Inilah 5 Tips Jitu Merawat Cat Mobil Agar Tetap Awet

Pada penghujung tahun seperti sekarang ini, di Indonesia telah memasuki musim hujan. Curah hujan juga tergolong tinggi, sehingga para pemilik kendaraan pribadi harus siap siaga untuk melakukan perawatan bagi kendaraannya, khususnya dalam perawatan cat mobil. Agar cat mobil menjadi tetap awet maka saat musim penghujan, harus diperhatikan dalam merawatnya.

Tips Agar Cat Mobil Awet

Berikut ini adalah beberapa tips yang berguna dalam merawat cat mobil tetap awet. Silahkan disimak baik-baik ya.. 🙂 Insyaa Allah bermanfaat baik untuk Anda yang punya mobil banyak seperti pemilik jasa rental mobil, punya mobil satu ataupun belum punya sama sekali.. he he..

Mencuci Mobil secara Teratur

Mencuci mobil secara teratur ternyata membantu mobil Anda agar terbebas dari kotoran. Terlebih lagi di musim penghujan ini, kotoran di jalanan menjadi semakin berlipat ditambah lagi dengan air hujan yang mengandung asam dapat memudarkan cat dengan mudah. Oleh karena itu, cuci mobil sesering mungkin agar dapat terhindar dari kotoran.

Mobil dengan cat yang terawat

Untuk bahan – bahan yang dibutuhkan dapat berupa ember, sabun pencuci mobil, microfiber towel atau mitt, sikat berbulu halus, dan selang air. Peralatan sederhana tersebut harus Anda miliki jika ingin lebih berhemat. Mulailah mencuci mobil dari bagian atap kendaraan kemudian ke bagian bawah kendaraan. Sikat berbulu halus tadi dapat digunakan untuk menghilangkan noda yang membandel. Lalu gunakanlah kain mitt untuk area yang tidak terlalu kotor.

Perhatikan sabun / sampo mobil

Penggunaan sabun pencuci mobil bukan menggunakan sabun colek, detergen atau pembersih rumah tangga lainnya. Tetapi menggunakan sabun khusus pembersih mobil. Karena kadar zatnya disusun oleh partikel yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pula jika digunakan. Menggunakan sabun khusus cuci mobil menjadikan cat tetap awet dan bersih.

Setelah itu lakukanlah pembilasan pada mobil Anda. Metode pencucian mobil yang ideal adalah setelah mencuci bagian mobil dengan sabun maka langsung bilas dengan air secara cepat. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan bodi mobil dari endapan mineral sabun. Saat mengelap gunakanlah metode searah jarum jam dan melingkar. Dan lap hingga kering dengan mitt atau kain yang halus.

Baca juga: Tips memilih bengkel variasi mobil

Perhatikan Tempat Parkir

Ketika Anda memarkirkan mobil, maka perlu diperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah selalu persiapkan sarung mobil atau penutup mobil. Ketika musim kemarau maka sinar matahari juga dapat dengan mudah mengelupas lapisan cat mobil, begitu juga sebaliknya pada musim penghujan. Zat asam pada air hujan akan memudarkan cat mobil secara perlahan – lahan.

Kondisioner Cat

Jika diperlukan setelah melakukan pencucian mobil dapat digunakan kondisioner cat mobil. Langkah ini sebenarnya tidak perlu dilakukan setiap hari, hanya perlu pemakaiannya ketika tiga bulan sekali. Lapisan lilin yang terkandung di dalamnya membantu melindungi cat dari paparan sinar matahari atau goresan halus.

Mobil yang sedang menjalani pengecatan

Pergi ke Salon Mobil

Ada keterbatasan jenis perawatan cat mobil yang bisa kita lakukan sendiri. Untuk itu baiknya secara berkala bawalah mobil Anda ke salon mobil disekitar Anda untuk mendapatkan treatment spesial untuk kendaraan yang tentu juga spesial bagi Anda. Cara ini tentu jauh lebih baik daripada cat mobil rusak dan harus segera dibawa di bengkel cat mobil bukan?

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat ketahanan cat pada mobil Anda. Harapannya dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan baru bagi para pembaca semuanya. Selamat mencoba mempraktikkan langkah – langkah tips di atas. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.