Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis (6 Hal)

Pada dasarnya manusia memakan banyak waktu untuk di rumah. Hal ini tentu berlaku umum untuk manusia diberbagai tempat. Jadi tidak mengikat untuk manusia di Jogja saja yah. Maka penting untuk menjadikan rumah nyaman untuk ditinggali oleh penghuninya.

Sekecil apapun rumah yang dimiliki, itu adalah tempat yang paling nyaman untuk bernaung. Hal tersebut, mengharuskan pemilik rumah untuk mendesain interior rumah sebaik mungkin. Dengan tujuan menciptakan suasana rumah yang nyaman, indah, dan bersih. Dengan demikian artikel ini akan memaparkan referensi untuk mendesain rumah yang minimalis.

Desain Rumah Minimalis

Berikut ini akan dibahas mengenai desain rumah minimalis yang akan membuat pemilik rumah menjadi senang dan betah untuk di rumah. Untuk merealisasikan desain seperti yang dikemukakan di tulisan ini, ada baiknya Anda langsung berkonsultasi dengan jasa interior Jogja jika posisi di Yogyakarta. Sesuaikan dengan lokasi Anda tentunya. Nah, berikut ini beberapa inspirasi desain rumah minimalis:

Foyer

Foyer berfungsi sebagai pemisah antara ruang tamu dan teras. Foyer juga dikenal sebagai lobby, dan hal yang pertama kali dilihat oleh orang yang berkunjung ke rumah adalah foyer. Untuk memberikan dekorasi di area foyer sebaiknya dipasang aksen kayu agar terkesan natural dan compact bagi rumah yang minimalis.

Lobby apartemen minimalis, unsplash @yucelmoran
Lobby apartemen minimalis, unsplash @yucelmoran

Ruang tamu dan keluarga

Di dalam merancang desain interior ruang tamu, langit-langit yang tinggi, dan jendela yang besar akan menjadikan ruang tamu serasa luas dan dapat dipastikan bahwa cahaya matahari akan masuk kedalam rumah. Dengan demikian, pemilik rumah akan tidak kekurangan udara saat di dalam rumah.
Area ruang tamu dan keluarga sebaiknya diberi warna-warna yang lembut dan kalem agar membuat suasana ruangan semakin sejuk ditambah dengan aksen kayu yang berdampak dapat memberikan nuansa nyaman dan santai saat sedang ada di rumah.

Ruang tamu keluarga minimalis, unsplash @sidekix
Ruang tamu keluarga minimalis, unsplash @sidekix

Ruang kerja

Jika pekerjaan kantor menumpuk dan tidak terselesaikan, maka bisa melanjutkannya di rumah. Saat melanjutkan pekerjaan di rumah, akan merasakan banyak tantangan. Seperti mencari ruangan yang nyaman untuk berkonsentrasi dan mencari peralatan kantor agar pekerjaannya tetap maksimal seperti di kantor.

Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan desain ruang kerja yang baik dan nyaman agar meningkatkan produktivitas pekerjaannya meskipun menyelesaikannya di rumah. Untuk mendesain ruang kerja sebaiknya pilihlah warna yang cerah, namun memiliki kesan yang lembut saat dipandang. Seperti, warna hijau dan biru.

Ruang kerja minimalis, unsplash @karishea
Ruang kerja minimalis, unsplash @karishea

Warna hijau dan biru sudah dipercaya mampu untuk meningkatkan fokus otak dan membuat efisiensi dalam bekerja. Dalam mendesain ruang kerja juga dianjurkan untuk membuat jendela yang besar agar bisa melihat pemandangan yang bebas dan membuat segar tubuh saat menghirup udara yang masuk melalui jendela.

Teras

Teras adalah salah satu tempat yang disenangi keluarga saat berkumpul. Pada area teras, sebaiknya dibuatkan kolam ikan hias. Adanya kolam ikan akan membuat anak-anak dan keluarga sangat menikmati situasi yang ada. Selain kolam ikan, rumah minimalis sebaiknya dibuatkan taman dengan bentuk vertikal agar tetap ada penghijauan.

Teras dengan kolam renang, unsplash @rpnickson
Teras dengan kolam renang, unsplash @rpnickson

Ruang bermain anak

Untuk mengaplikasikan furnitur di ruang anak sebaiknya menggunakan desain foldable yang akan menjadikan ruangan menjadi multifungsi. Desain foldable ini menyatukan antara ruang belajar, bermain dan tidur anak. Dengan menggunakan desain foldable ini akan membuat ruangan menjadi luas.

Di dalam menentukan warna untuk mengaplikasikan di ruang bermain anak sebaiknya menggunakan warna-warna yang kontras seperti yang ada di furnitur, furnitur untuk anak-anak sangat dominan pada warna yang lucu dan ceria, agar menambah keceriaan anak dan menambah kesenangan saat orang tua bermain dan menghabiskan waktu bersama anak-anaknya.

Walk-in closet

Dalam merapikan pakaian di lemari sangat dibutuhkan perencanaan yang baik agar lemari terlihat rapi dan indah. Isi lemari yang rapi akan menyingkat waktu dalam memilih pakaian yang akan dikenakan, selain mudah mencari baju maka akan menambah estetika kamar menjadi lebih indah, nyaman, dan bersih.

Lemari pakaian minimalis, unsplash @chuttersnap
Lemari pakaian minimalis, unsplash @chuttersnap

Jadi itulah referensi untuk desain rumah minimalis. Meskipun rumah kecil, dengan adanya desain rumah akan membuat rumah menjadi nyaman dan terasa luas. Pastikan untuk memanfaatkan layanan jasa desain interior terpercaya, profesional dan berpengalaman untuk hasil terbaik. Terimakasih sudah menyimak ulasan ini, sampai jumpa kembali. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.