Berbagai Jenis Biaya Pengeluaran Untuk Usaha Sewa Mobil

Membangun usaha sendiri pasti mimpi dari setiap orang. Karena akan banyak kelebihan yang bisa diambil jika memiliki usaha sendiri. Akan tetapi pasti banyak modal yang harus dipersiapkan untuk membangun usaha. Pastinya perlu bertanya dan berbagi pengalaman dengan orang yang sudah sukses dalam membangun usaha.

tak terkecuali dengan membangun usaha sewa mobil. Usaha ini pasti membutuhkan biaya. Biaya ini adalah sebagai modal awal untuk melangsungkan tercapainya tujuan dari usaha yang sedang dirintis. Butuh perjuangan dan relasi dari banyak pihak. Karena biaya pengeluaran tidaklah sedikit. Agar usaha semakin maju tentu diperlukan suntikan dana.

Berbagai Jenis Biaya Pengeluaran Untuk Usaha Sewa Mobil

Agar tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak, anda perlu melakukan hal-hal yang penting saja dalam membangun usaha sewa mobil. Untuk hal lainnya yang belum ada di bawah ini bisa anda tambahkan ketika usaha anda sudah mulai berjalan. Berikut ini ada beberapa biaya pengeluaran yang perlu diperhatikan dalam menjalankan sewa mobil.

Biaya Modal Investasi

Penjelasan pertama yang perlu diketahui oleh anda adalah biaya modal untuk investasi. Komponen – komponennya meliputi biaya untuk pembelian mobil serta alat promosi. Kedua komponen tersebut akan sangat menentukan keberhasilan usaha. Sehingga jangan sampai diabaikan.

Pembelian Mobil

Sewa Hiace Jogja Mobil
Mobil Disewakan

Mengenai pembelian mobil sebaiknya pilihlah mobil – mobil yang berkualitas tetapi harganya cukup terjangkau. Misalnya dengan cara membeli mobil second dengan harga 80 jutaan. Dengan harga tersebut perusahaan dapat membeli beberapa mobil. Seiring dengan berjalannya waktu, profit yang dihasilkan bisa digunakan untuk menambah armada mobil lagi.

Selain harga mobil, tipe mobil juga perlu diperhatikan untuk usaha sewa mobil. Anda harus meriset tipe mobil yang paling cocok dengan daerah tempat usaha anda. Bisa jadi anda membuka sewa mobil hiace, avanza, ataupun bisa juga mobil elf.

Alat Promosi

Sewa Hiace Jogja Promosi Brosur
Promosi dengan Brosur

Selanjutnya adalah biaya pengeluaran untuk alat promosi. Biasanya promosi dapat dilakukan secara offline melalui brosur, papan reklame, atau surat kabar. Sedangkan promosi secara online dapat dilakukan menggunakan media sosial ataupun website. Biasanya akan menghabiskan dana sekitar 300 ribu hingga 3 jutaan.

Baca Juga : Tips Mudah Memilih Bengkel Variasi Mobil

Biaya Operasional

Berikut ini adalah beberapa biaya operasional yang diperlukan pada usaha sewa mobil:

Gaji Karyawan

Sewa Hiace Jogja Tim Karyawan
Tim Karyawan. src: myhub.homecredit.co.id

Menjalankan bisnis juga perlu karyawan. Yang dibutuhkan biasanya staf administrasi dan sopir mobil. Dalam merekrutnya juga diperlukan persyaratan khusus, seperti keterampilan dalam mengemudikan mobil, SIM, data diri lengkap, kemampuan berbahasa dan tes psikologis. Setelah melengkapi semua persyaratan, tentu akan dievaluasi untuk dinilai.

Ketika lolos pada tahap tersebut bisa dilakukan wawancara. Kemudian penandatangan kontrak kerja dan kesepakatan lain, seperti perihal gaji. Perkiraan gaji yang dianggarkan sekitar 3 juta rupiah untuk karyawan dan sopir. Gaji tersebut masih bisa bertambah jika profit pendapatan pada sewa mobil terus naik.

Pulsa

Pengeluaran lain yang perlu dianggarkan adalah pulsa. Karena dalam menjalankan usaha rental mobil pasti akan sering menggunakan telepon untuk menghubungi para calon penumpang dan relasi perusahaan lain yang ingin bekerja sama. Untuk estimasinya dapat dianggarkan sekitar 100 ribu rupiah.

Biaya BBM, Parkir dan Tol

Sewa Hiace Jogja BBM
BBM (Bahan Bakar Minyak)

Hal lain yang dianggarkan adalah biaya BBM, parkir dan Tol. Biaya – biaya tersebut memang terlihat kecil tetapi juga perlu diestimasikan dengan baik. Perlu juga dilakukan pengontrolan oleh staf keuangan. Total anggaran tersebut berkisar 500 ribu rupiah. Tetapi juga perlu diperhatikan karena biaya tersebut berjalan fluktuatif.

Biaya Perawatan

Sewa Hiace Jogja Perawatan Mobil
Perawatan Mobil

Membuka usaha sewa mobil juga membutuhkan perawatan untuk mobilnya. Tujuannya agar menjaga kondisi mobil tetap bagus dan nyaman untuk digunakan. Pihak perusahaan dapat menganggarkan per bulannya sekitar 400 ribu rupiah per mobilnya atau jika ada keadaan darurat bisa dianggarkan biaya tak terduga.

Baca Juga : Tips Jitu Merawat Cat Mobil Agar Tetap Awet

Demikianlah beberapa hal terkait jenis biaya pengeluaran untuk usaha sewa mobi. Semoga dapat bermanfaat bagi usaha anda. Apabila masih membutuhkan panduan seputar sewa mobil, silahkan baca artikel lainnya pada website resmi jogjahiace.com. Di sana terdapat hal – hal penting yang mungkin bisa membantu bisnis semakin berkembang.

Jangan lupa untuk membaca artikel Berbagi Informasi kami yang lainnya, banyak informasi bermanfaat yang bisa anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.