Cara Merawat Bayi 2 Bulan Dengan Benar

Merawat bayi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi untuk orang tua yang masih pertama kali memiliki bayi. Bayi yang berusia 2 bulan ini sangat cenderung merasa lebih lapar, ekspresif, dan energik. Sebab itu tidak mudah merawat bayi 2 bulan karena seorang ibu harus berkorban untuk si bayi, belum lagi jika waktu malam si bayi sering bangun dan ingin bermain.

Aqiqah Jogja Anak Bayi
Anak Bayi

Cara Merawat Bayi 2 Bulan Dengan Benar

Maka dari itu, perlu adanya mengetahui tentang cara merawat bayi yang berumur 2 bulan agar dapat melakukannya dengan benar pada prakteknya nanti. Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara merawat bayi 2 bulan.

Perkembangan bayi 2 bulan

Saat usia bayi 2 bulan, bayi akan mengalami perkembangan dari ujung kakinya hingga ujung kepalanya. Otot-otot bagian leher si bayi mulai lebih kuat dari sebelumnya, sehingga terkadang bayi mulai mengangkat-angkat kepalanya sendiri. Jika leher bayi sudah mulai kuat, maka punggung, dada, dan punggung bawah ikut menjadi lebih kuat seperti leher.

Sedangkan kaki bayi perkembangannya sangat terakhir dibanding organ tubuh yang lainnya, sebab sang bayi belum kuat untuk menahan tubuhnya yang berat. Jadi proses pertumbuhan bayi bertahap, sedikit demi sedikit tentunya dengan bantuan orang tua dan orang di sekitar yang menyayanginya juga.

Saat usia si bayi 2 bulan, sang ibu harus benar-benar menjaga dengan baik. Semakin bertambah umur bayi, dan bayi pun akan terus memiliki keahlian di setiap pertumbuhannya. Makanan yang sangat bagus sebagai pendamping bayi agar tumbuh menjadi bayi yang sehat dengan memberikan ASI yang cukup.

Dengan memberikan ASI yang cukup, sang bayi akan tumbuh menjadi anak yang sehat. Jika pada usia sebelum 2 bulan sang ibu memberikan satu payudara pada bayi. Maka di usia 2 bulan ini ibu bisa mulai memberikan keduanya untuk menyusui bayi. Tidak hanya menjaganya dengan baik, ibu diharuskan untuk memberikan ASI eksklusi atau cukup untuk buah hatinya.

Aqiqah Jogja Anak Bayi
Anak Bayi

Mengatur Asi untuk Si Bayi

Jika Merawat Bayi 2 Bulan seorang ibu harus mengenali tanda-tanda si bayi merasa haus. Seorang ibu harusnya lebih mengetahui kapan si bayi membutuhkan ASI, jangan sampai si bayi menangis karena kehausan. Tanda yang muncul jika si bayi kehausan salah satunya, jika bayi akan menghisap jempolnya sendiri sebagai simbol bahwa dirinya lapar.

Seorang ibu yang sedang menyusui, dianjurkan menjaga pola makan yang baik dan tentunya sehat. Seorang ibu yang sedang menyusui harus banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hindari makan yang pedas, karena akan berpengaruh kepada bayi pada masalah pencernaannya.

Jangan terlalu menghitung kalori, diet yang sehat sangat dianjurkan untuk ibu menyusui. Jika si ibu ingin mendapatkan tubuh yang ideal seperti sebelum mengandung, maka sang ibu dianjurkan untuk diet secara bertahap dengan tetap menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Jangan hanya karena si ibu ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, si ibu rela tidak bisa mengatur makan sehingga membuat dirinya menjadi lemah. Hal itu sangat tidak dianjurkan, sebab dapat membahayakan sang ibu yang baru saja melakukan proses persalinan.

Tidak hanya ibu, bayi yang menyusu dari seorang ibu pun akan menjadi taruhannya. Karena sumber energi bayi yang berumur 2 bulan itu ada di jiwa ibunya. Jika ibu tidak sehat, terkadang menular kepada sang balita itu sendiri.

Bayi yang berusia dibawa 5 bulan keseringan terganggu masalah pencernaannya, kolik salah satunya. Bayi yang kolik cenderung sering menangis sepanjang hari karena merasa resah. Terjadinya kolik tidak akan lama, karena masalah pencernaan ini memang sering terjadi kepada bayi dibawa 5 bulan.

Selain itu, bagi umat muslim jangan lupa untuk mengaqiqahkan anak anda, karena itu salah satu tanggung jawab yang anda sebagai orang tuanya lakukan, tentu saja menjalankannya harus sesuai syariat Islam. Tapi jika anda tidak mengingikan hal yang ribet, anda bisa menggunakan jasa aqiqah jogja untuk pelaksanaanya.

Demikian ulasan mengenai Merawat Bayi 2 Bulan semoga ibu-ibu selalu menjaga kesehatan jasmaninya agar si bayi tetap sehat, dan harus sering memberikan ASI kepada si bayi. Jangan sampai bayi kekurangan ASI. Karna diusia ini bayi sangat memerlukannya. Semoga menjadi inspirasi para ibu, dan ibu muda.

Jangan lupa juga untuk membaca artikel Berbagi Informasi kami yang lainnya ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.