Kuliner Pedas Tradisional Indonesia Paling Populer

Indonesia yang terdiri dari deretan kepulauan memiliki beragam suku dan juga budaya. Dan dari budaya, adat dan kebiasaan masyarakat yang berbeda-beda itu muncul berbagai macam type masyarakat dan juga makanan tradisional. Suku jawa biasa suka yang pedas-manis, begitu pula suku minang suka dengan asin-gurih.

Dari berbagai kuliner tradisional yang ada di berbagai suku di Indonesia ternyata untuk rasa pedas tetap ada di berbagai kuliner tradisional. Karena itulah kuliner pedas tradisional di Indonesia ada beragam macamnya. Mulai dari berbahan dasar daging sampai berbahan dasar cabai. Dan tentu saja dari masing-masing kuliner tersebut masih tetap mempertahankan ciri khas kedaerahan. Untuk masakan jawa pasti ada manisnya dan untuk masakan suku minang pasti ada gurihnya.

Dari beberapa kuliner pedas tradisional Indonesia ini ada yang sudah populer di luar daerah ada pula yang jarang sekali di sajikan atau dijual di daerah lain. Berikut ini kuliner pedas tradisional Indonesia yang berhasil kami himpun.

Kuliner Pedas Tradisional Indonesia
Ayam penyet merupakan olahan populer di Indonesia. Sumber IG @serba_olahan_ayam

 

Kuliner Pedas Tradisional Indonesia Yang Populer

Meskipun sensasi pedas adalah rasa yang mendominasi diantara kuliner berikut ini akan tetapi di tiap kuliner pedas tradisional Indonesia yang ada memiliki ciri khas tersendiri.

Mie Aceh

Jika di Jepang ada mie super pedas bernama Ramen maka Indonesia juga memiliki mie super pedas berasal dari propinsi serambi Mekkah yaitu Aceh. Mie aceh sendiri merupakan mie kuning tebal biasa akan tetapi bumbu khas yang pedas gurih itulah yang menjadikan mie Aceh terasa spesial. Rasa yang spesial ini juga menjadikan mie aceh populer di berbagai daerah lain.

Di dalam kuliner pedas tradisional Indonesia khas Aceh ini terdapat irisan daging sapi, daging kambing ataupun ikan dan cumi. Dengan varian penyajian berupa mie goreng kering yang tidak berkuah, mie tumis dengan sedikit kuah dan mie kuah yang seperti sop dapat memanjakan lidah anda. Jangan lupa mencoba mie ini ketika berkunjung ke Aceh, dan mie ini sudah ada di berbagai daerah.

Ayam Taliwang

siapa yang tak kenal dengan ayam taliwang?. Kuliner pedas tradisional Indonesia ini berasal dari Desa Karang Taliwang, Mataram, Lombok. Konon ayam ini dibuat untuk menyajikan para prajurit dua kerajaan yang akan melakukan perundingan damai di pulau Lombok. Ayam bakar khas Lombok ini pada awalnya dibuat oleh para juru masak kerajaan di Lombok.

Ayam khas suku sasak di Lombok ini berupa ayam bakar yang diberi bumbu khas sehingga rasanya pun khas. Dan cara pengolahannya juga berbeda dengan ayam bakar biasanya. Sajian khas Lombok yang banyak terdapat pada daftar menu restoran di Lombok ini dibuat menggunakan ayam kampung muda sehingga rasanya lebih terasa dan tidak terlalu kenyal.

Sambal Balado

Sambal balado merupakan sambal yang digunakan untuk melumuri dan mengolah kembali bahan yang lain sehingga makanan tersebut terlapisi sambal bagian luarnya. Bahan utama sambal balado adalah cabai giling dan juga bahan rempah-rempah lain. Rasa yang pedas gurih menjadi ciri khas masakan minangkabau. Dan memang sambal balado berasal dari minangkabau.

Proses tumis dalam pembuatan kuliner pedas tradisional Indonesia ini memakai bahan lain semisal ikan, daging, telur rebus dan lain sebagainya sehingga makanan yang dihasilkan penyebutannya menggunakan kata balado. Misalnya telur balado adalah telur yang diproses menggunakan sambal balado, tongkol balado dan lain sebagainya. Jika penasaran bisa pesan di warung makan nasi padang pasti tersedia.

Penyetan atau geprek

Penyetan merupakan makanan khas Jawa timur. Dan sudah populer di berbagai daerah di seantero Jawa. Prosesnya sendiri cukup unik yaitu mencampur makanan semisal ayam goreng ke dalam cobek dan menggepreknya bersama dengan sambal. Itulah mengapa banyak juga yang menyebutnya sebagai geprek karena pembuatannya di penyet atau ditekan bahkan dipukul atau di geprek.

Kuliner pedas tradisional Indonesia khas jawa timur berupa sambal dan proses memasaknya yang unik ini banyak di aplikasikan ke beberapa bahan makanan. Jika di geprek bersama ayam goreng maka namanya menjadi ayam geprek atau ayam penyet. Jika di campur dengan tempe goreng maka namanya menjadi tempe penyet dan seterusnya.

Nasi Bebek Madura

Nasi bebek Madura merupakan olahan khas Madura yang bercitarasa pedas. Dengan pengolahan yang tidak sederhana menghasilkan suatu masakan khas yang benar-benar berbeda dengan masakan lainnya. Proses mengungkep bebek dengan berbagai bumbu rempah dolakukan dalam waktu yang lama sehingga warna bumbu menjadi kehitaman.

Kuliner Pedas Tradisional Indonesia
Bebek Madura yang melegenda. Sumber IG @actaris_ls

Prosesnya sendiri menggunakan minyak yang banyak dan dipastikan daging bebek terendam oleh karena itulah rasa yang dihasilkan merata. Yang sering digunakan sebagai bahan nasi bebek Madura adalah bebek pejantan yang tidak terlalu amis dan berminyak. Karena sensasi rasanya yang enak maka banyak bertebaran warung makan khas bebek Madura di berbagai kota termasuk Jogja.

Demikian kuliner pedas khas Indonesia yang bisa kami himpun. Sebenarnya jika anda berwisata di Jogja maka berbagai jenis olahan yang disebutkan diatas ada di kota wisata Jogja. Kotagede yang terkenal dengan wisata perak Kotagede jika malam hari maka di tiap ruas jalannya bertebaran warung kuliner dan anda bisa menemukan berbagai jenis masakan disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.