Bulan Spesial Liburan ke Labuan Bajo

Labuan Bajo berada di sebelah timur pulau Lombok dan memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga dapat menarik minat wisatawan di seluruh dunia untuk mengunjunginya. Salah satu daya tarik ini adalah adanya budaya masa lalu yang masih di pertahankan. Selain itu pemandangan yang indah juga tak kalah dengan wisata Gili Trawangan Lombok.

Untuk menghemat pengeluaran saat berwisata, anda bisa berkunjung ke Labuan Bajo pada awal tahun. Pada awal tahun terjadi penurunan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo sehingga ada pesta diskon pada tiket penerbangan dan hotel. Anda bisa mempertimbangkan untuk berlibur ke Labuan Bajo awal tahun. Tapi yang menjadi pertimbangan lain adalah apakah berlibur pada waktu yang tidak tepat akan menemukan momen yang bagus?

Bulan Spesial

Memang berlibur ke labuan bajo bisa dilakukan kapan saja tetapi perlu diketahui bahwa di setiap bulan bulan tertentu ada momen yang bagus di Labuan Bajo. Karena itulah sebaiknya ketika mengunjungi destinasi wisata Labuan Bajo dilakukan pada bulan yang pas dengan momen indah tersebut. Tentu saja bulan spesial liburan ke Labuan Bajo. Bulan apakah itu? Ini dia ulasannya !

Bulan Spesial Liburan ke Labuan Bajo

Pantai Labuan Bajo. Sumber Unsplash

1. Januari – Maret

Di bulan Januari hingga Maret ada beberapa festival penting yang menjadi ciri khas Labuan Bajo. Contohnya Festival Komodo di bulan Maret. Festival Komodo diselenggarakan hampir setiap tahun di Labuan Bajo. Acara utama yang menjadi daya tarik dari festival Komodo adalah parade komodo, voli pantai, perahu dayung, lomba fotografi, pertunjukan kecantikan komodo, pertunjukan seni musik dan masih banyak lagi yang lainnya. Para pengunjung nantinya juga diajak untuk mengunjungi desa adat papagarang yang memiliki banyak keunikan.

Selain itu, ada Festival Reba yang merupakan sebuah perayaan khusus bagi masyarakat di Kabupaten Ngada. Festival Reba Ngada sudah ditetapkan pada setiap 15 Januari. Pada festival tersebut nantinya para warga Ngada akan memakan ubi atau uwi. Festival ini termasuk unik karena tidak akan di temukan di wilayah lain. Di Kabupaten Ngada sendiri uwi atau ubi merupakan makanan pokok sebelum dikenal nasi

2. April – Mei

Jika Anda berburu pemandangan yang hijau dengan hiasan laut berwarna biru maka bulan spesial liburan ke Labuan Bajo adalah bulan April hingga Mei. Pada bulan-bulan itu Anda bisa melihat perbukitan hijau dengan langit yang cerah dan lautan yang biru. Banyak wisatawan yang datang ke Labuan Bajo pada waktu-waktu ini karena alam sangat bersahabat sehingga Anda bisa diving dan tur perahu dengan tenang. Karena itulah anda perlu mempersiapkan biaya akomodasi kapal wisata Labuan Bajo.

3. Juli-September

Komodo yang sedang aktif dalam masa kawinnya akan anda temui pada bulan Juli sampai September saat ke Labuan Bajo. Pada periode tersebut Komodo sedang dalam masa kawinnya. Jadi, mereka akan mudah ditemukan. Namun yang sangat disayangkan adalah pemerintah mulai tahun 2019 menerapkan pembatasan kunjungan ke Pulau Komodo. Tetapi anda masih bisa menemukan hewan darat eksotis ini di pulau sekitar Pulau Komodo seperti Pulau Rinca.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bonus menyaksikan ritual penti, sebuah tradisi aksi pertarungan cambuk antara dua orang dengan senjata cambuk tradisional. Ritual ini juga disebut dengan perang cambuk. ,eslipun ritual ini seperti pertarungan dua orang tetapi tidak membahayakan. Mereka sudah terlatih untuk melakukannya.

4. Oktober – Desember

Bulan Spesial Liburan ke Labuan Bajo
Festival di Labuan Bajo. Sumber reddoorz.com

Anda suka diving dan melihat kehidupan bawah laut ? Maka bulan Oktober hingga Desember adalah waktu terbaik untuk anda berlibur ke Labuan Bajo. Anda bisa melihat aneka jenis ikan di dasar laut karena pada saat ini gelombang laut sedang tenang. Anda akan menemukan beragam satwa laut yang beraneka bentuk. Ada beberapa satwa laut yang menjadi primadona turis yan menyukai diving, salah satunya adalah ikan Pari Manta.

Itulah bulan spesial liburan ke Labuan Bajo. Dengan menggunakan jasa Komodo tour package yang disediakan penyedia paket perjalanan wisata di Labuan Bajo anda tidak perlu bingung dalam urusan transportasi dan akomodasi. Maka sangat direkomndasikan untuk anda yang berlibur ke Labuan Bajo menggunakan layanan paket wisata. Apalagi bagi anda yang baru pertama kali ke Labuan Bajo.

Mampir Ke Lombok

Ketika anda berlibur ke Labuan Bajo lebih baik transit ke Lombok terlebih dahulu dan melanjutkan perjalanannya dari Lombok. Di Lombok anda bisa menikmati wisata Lombok yang tidak kalah indahnya. anda bisa berkeliling di pulau Lombok menggunakan mobil yang bisa di sewa sebelum menuju ke Labuan Bajo.

Untuk saran tambahan saja, jika anda berniat menyewa mobil baik di Labuan Bajo atau di Lombok jika anda hanya bertiga atau berempat pilihlah mobil yang berujuran tidak terlalu besar. jenis hatchback seperti Honda Brio dan lainnya bisa direkomendasikan. selain manuvernya gesit harga sewa juga lebih murah meskipun harga mobil Brio di Lombok masih tergo;ong tinggi untuk harga bekasnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.