Bacaan Do’a Untuk Jenazah Laki-laki dan Perempuan

Kadang ketika kita melihat kondisi perkembangan zaman dari waktu ke waktu, hal-hal memprihatinkan seringkali terjadi khususnya di lingkungan masyarakat sekitar kita.

Salah satunya adalah keengganan para remaja muslim yang tidak mau atau enggan mengurus jenazah yang meninggal. Bahkan biasanya yang mengurus kebanyakan adalah para orang tua.

Keprihatinan ini pernah disampaikan oleh guru kami di suatu kampung yang tak perlu kami sebutkan namanya.

Karena setiap kali ada orang meninggal para remajanya enggan untuk memandikan jenazah, malah bisa jadi tidak tahu caranya mengurus, memandikan dan menyolatkannya.

Sehingga beliau sangat mendorong agar remaja masjid diajarkan pelatihan mengurus jenazah, dari mulai memandikan, mengkafani hingga menyolatkan.

Penulispun kemudian mengingatkan pada sosok guru, yang pernah mengajarkan kami bagaimana cara menyolatkan jenazah. Beliau juga mengajarkan do’a-doa lengkap dalam sholat jenazah baik jenazah laki-laki maupun perempuan.

beliau adalah bapak Sumanto, salah satu guru fiqih kami yang sangat cerdas namun juga panda melucu. Berharap dengan menuliskan artikel ini, amal jariyah bisa sampai kepada beliau, karena salah satu ilmu yang bermanfaat adalah diamalkan dan disebarkan.

Berikut ini adalah do’a untuk jenazah baik laki-laki maupun perempuan yang pernah utstadz Sumanto ajarkan kepada kami. Bacaan ini biada dibaca juga saat sholat jenazah di takbir yang ke 2.

Doa dalam tulisan Arab

للَّهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَقِّهِ فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ

Do’a Jenazah Laki-laki

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu’anhu, waakrim nuzulahu wawasi’madkholahu, waghsilhu bil maai watstsalji wal barod, wanaqqihi min khotooya kamaa yunaqqotstsaubul abyadhu minadanas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihi, wa ahlan khoiron min ahlihi, wa zaujan khoiron min zaujihi waqqihi fitnatal qobri, wa ‘adzabannar

Do’a Untuk Jenazah Perempuan

Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu’anhaa, waakrim nuzulahaa wawasi’madkholahaa, waghsilhaa bil maai watstsalji wal barod, wanaqqihaa min khotooya kamaa yunaqqotstsaubul abyadhu minadanas, wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa, wa ahlan khoiron min ahlihaa, wa zaujan khoiron min zaujihaa waqqihaa fitnatal qobri, wa ‘adzabannar.

Artinya: Ya Allah, Ampunilah dia, maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya di dunia, berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya di dunia, istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari fitnah kubur (siksa kubur) dan Neraka.

Untuk jenazah laki-laki menggunakan dhomir (hu) yang artinya dia laki-laki, jika jenazah perempuan makan diganti menjadi dhomir (haa) yang artinya dia perempuan.

Misalnya dalam lafadz Allahummagfirlahu menjadi Allahummaghfirlaha

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.